JAKARTA INSIDER - Persaingan antar platform tak hanya melibatkan TikTok dan Instagram, tapi juga dengan YouTube.
YouTube menghasilkan pendapatan di bawah 8 miliar dolar AS, turun dari pendapatan tahun sebelumnya sebesar 8,6 miliar dolar AS.
Sama seperti raksasa teknologi lain, pendapatan iklan YouTube menurut perusahaan pemiliknya, Alphabet, dikarenakan kekhawatiran resesi.
Namun hal lain yang juga disoroti penurunan pendapatan YouTube di kuartal kedua berturut-turut dari tahun ke tahun karena menghadapi persaingan ketat dari TikTok.
Namun salah satu fitur dari YouTube, Shorts, mencatatkan hal baik.
YouTube Shorts telah melampaui 50 miliar tampilan harian, naik dari 30 miliar tahun lalu, kata CEO Alphabet Sundar Pichai pada hari Kamis selama panggilan pendapatan kuartal keempat Alphabet dikutip dari Insider (4/2/2023).
Pengumuman jumlah penonton Shorts yang kuat datang hanya sehari setelah YouTube memungkinkan kreator berbagi pendapatan iklan dari video berdurasi pendek dengan perusahaan.
Setelah diterima ke dalam Program Mitra YouTube, pengguna akan menerima potongan pendapatan dari iklan yang muncul di video berdurasi panjang dan sekarang berdurasi pendek.
Beberapa konten kreator disebut telah mempertimbangkan untuk memindahkan lebih banyak konten mereka ke YouTube Shorts karena hal ini.
Insider mencatat hal ini memberikan potensi bagi YouTube Shorts untuk menarik pengguna media sosial menjauh dari TikTok.
Hal ini diperkuat pernyataan kepala bisnis Google, Philipp Schindler, yang menyebut YouTube telah lama dianggap sebagai standar emas bagi pembuat video dalam hal menghasilkan uang karena mereka dapat mengambil potongan langsung dari pendapatan iklan.
Artikel Terkait
Lirik lagu 'Aiya Susanti' Ost Upin Ipin yang viral di TikTok
Sukses kelabui perempuan di TikTok, Laksamana gadungan ditangkap TNI AL
Konten kreator TikTok ini dapat Rp1,5 miliar sekali posting, pantas sampai ada yang rela mandi lumpur
Kakak beradik ini jadi konten kreator TikTok terkaya di dunia, kekayaannya naik hingga ratusan juta dolar AS
Pantas kalah dari TikTok, ini yang tidak diberikan Instagram pada penggunanya