Tiru TikTok, Shorts selamatkan keuangan YouTube yang merugi

photo author
- Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:18 WIB
ilustrasi. YouTube Shorts selamatkan keuangan perusahaan karena kalah dari TikTok  (Unsplash - Christian Wiediger)
ilustrasi. YouTube Shorts selamatkan keuangan perusahaan karena kalah dari TikTok (Unsplash - Christian Wiediger)

JAKARTA INSIDER - Persaingan antar platform tak hanya melibatkan TikTok dan Instagram, tapi juga dengan YouTube.

YouTube menghasilkan pendapatan di bawah 8 miliar dolar AS, turun dari pendapatan tahun sebelumnya sebesar 8,6 miliar dolar AS.

Sama seperti raksasa teknologi lain, pendapatan iklan YouTube menurut perusahaan pemiliknya, Alphabet, dikarenakan kekhawatiran resesi.

Baca Juga: Kocaknya Bu Eny saat video call dengan Nathalie Holscher, Bu Eny suruh Nathalie cepat-cepat nikah lagi

Namun hal lain yang juga disoroti penurunan pendapatan YouTube di kuartal kedua berturut-turut dari tahun ke tahun karena menghadapi persaingan ketat dari TikTok.

Namun salah satu fitur dari YouTube, Shorts, mencatatkan hal baik.

YouTube Shorts telah melampaui 50 miliar tampilan harian, naik dari 30 miliar tahun lalu, kata CEO Alphabet Sundar Pichai pada hari Kamis selama panggilan pendapatan kuartal keempat Alphabet dikutip dari Insider (4/2/2023).

Baca Juga: Larangan pramugari mengenakan jilbab saat bertugas, Wapres nilai aneh: Kita cek lagi, perlu diteliti.

Pengumuman jumlah penonton Shorts yang kuat datang hanya sehari setelah YouTube memungkinkan kreator berbagi pendapatan iklan dari video berdurasi pendek dengan perusahaan. 

Setelah diterima ke dalam Program Mitra YouTube, pengguna akan menerima potongan pendapatan dari iklan yang muncul di video berdurasi panjang dan sekarang berdurasi pendek. 

Beberapa konten kreator disebut telah mempertimbangkan untuk memindahkan lebih banyak konten mereka ke YouTube Shorts karena hal ini.

Baca Juga: Video call dengan Nathalie Holscher, Bu Eny minta dibawakan oleh-oleh oncom goreng ke Nathalie dari Bandung

Insider mencatat hal ini memberikan potensi bagi YouTube Shorts untuk menarik pengguna media sosial menjauh dari TikTok. 

Hal ini diperkuat pernyataan kepala bisnis Google, Philipp Schindler, yang menyebut YouTube telah lama dianggap sebagai standar emas bagi pembuat video dalam hal menghasilkan uang karena mereka dapat mengambil potongan langsung dari pendapatan iklan.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Sukowati Utami JI

Sumber: Insider

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

8 Fakta China Hidup di Teknologi Masa Depan

Selasa, 23 September 2025 | 15:59 WIB

Daftar Jet Tempur Tercepat di Dunia, Rusia Paling Unggul

Minggu, 21 September 2025 | 09:44 WIB
X