JAKARTA INSIDER - Telkomsel memastikan percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi di wilayah terdampak bencana banjir dan longsor di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.
Hingga saat ini, 76,5% layanan seluler Telkomsel telah kembali normal (5.851 dari total 7.640 site) dan 79,7% layanan IndiHome Telkomsel telah kembali normal (422.551 dari total 530.502 line).
Pemulihan ini didukung langkah proaktif menjaga konektivitas masyarakat di pengungsian, area tanggap darurat, dan wilayah terdampak – termasuk dengan Paket Siaga Peduli Sumatera bebas biaya di UMB *888*20#.
Baca Juga: 576 Ribu Warga Mengungsi, Kemensos Salurkan Rp25 M untuk Penanganan Bencana di Sumatera
Pemulihan dilakukan melalui berbagai skema, termasuk:
Mobilisasi 346 personel teknis
Penempatan genset tambahan
Pengalihan rute backbone dan jalur transmisi
Penggunaan perangkat alternatif
Penggelaran BTS mobile di lokasi prioritas
Baca Juga: 10 kampus terbaik di kota Jakarta, apa saja? Yuk disimak
Telkomsel juga berkoordinasi erat dengan Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi), pemerintah daerah, aparat penanggulangan bencana, PLN, serta pemangku kepentingan setempat untuk memastikan layanan komunikasi tetap tersedia.
Pemulihan jaringan Telkomsel difokuskan mulai dari area pengungsian, lokasi kritikal, dan terus diperluas hingga kini tercatat sejumlah capaian pemulihan per provinsi per 1 Desember 2025:
Aceh: 36% site Telkomsel pulih (708 dari 1.964 site), 41,2% line IndiHome pulih (59.836 dari 145.384 line)
Artikel Terkait
Jakarta dan sekitarnya berpotensi banjir rob pada 1-10 Desember 2025, BPBD minta warga waspada
6 apartemen murah di kota Jakarta cocok untuk tua dan muda
10 apartemen murah di Jakarta Selatan, pilihan terbaik untuk anda
Ini dia 3 kesenian musik asli dari Jakarta, yuk simak
576 Ribu Warga Mengungsi, Kemensos Salurkan Rp25 M untuk Penanganan Bencana di Sumatera