JAKARTA INSIDER - Selama beberapa tahun Instagram menjadi yang terpopuler bagi pengguna media sosial.
Seiring berjalannya waktu, Instagram beralih fungsi dari sekedar media sosial menjadi lahan bisnis.
Namun, beberapa tahun belakangan, Instagram mendapat pesaing tangguh dan berhasil menggeser kepopulerannya, yakni TikTok.
Sempat menjadi olok-olok karena berisi hal tidak bermanfaat, TikTok kini menjadi platform yang populer di kalangan muda, bahkan tak jarang yang fokus jadi konten kreator.
Dilansir dari Insider (4/2/2023), dalam survei Pew Research Center, remaja yang menggunakan TikTok hampr terus menerus 50 persen lebih tinggi dibanding pada Instagram.
Tak ingin kalah, Instagram merilis fitur video pendek, Reels, untuk saingi TikTok.
Sayang hal tersebut tidak mampu mendongkrak popularitas Instagram.
Dari data yang diperoleh The Wall Street Journal, pengguna Instagram menghabiskan 17,6 juta perhari menonton Reels berbanding jauh dari TikTok yang mencapai 197,8 juta jam sehari.
Lantas hal apa yang membuat TikTok bisa geser kepopuleran Instagram.
Insider menyebut, Instagram hanya fokus pada optimalisasi sosok terkenal dengan pengikut banyak atau influencer yang membuat platform ini kehilangan keterlibatan dari pengguna biasa.
Dilain pihak, TikTok memilih mempertahankan pengguna dalam platform merka.
Artikel Terkait
Lirik lagu 'Kaulah Rumahku' dari Raissa Anggiani viral di TikTok karena ini
Lirik lagu 'Aiya Susanti' Ost Upin Ipin yang viral di TikTok
Sukses kelabui perempuan di TikTok, Laksamana gadungan ditangkap TNI AL
Konten kreator TikTok ini dapat Rp1,5 miliar sekali posting, pantas sampai ada yang rela mandi lumpur
Kakak beradik ini jadi konten kreator TikTok terkaya di dunia, kekayaannya naik hingga ratusan juta dolar AS