JAKARTA INSIDER - Popularitas media digital semakin meningkat di Indonesia dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.
Didorong oleh beragamnya pilihan yang tersedia secara online untuk menikmati hiburan, konsumen menjelajahi berbagai format dan layanan untuk menikmati konten secara digital.
Orang-orang mencari konten yang lebih relevan secara pribadi mendapatkannya di kumpulan konten yang tersedia untuk mereka.
Baca Juga: Dikenal konyol dan pecicilan, Kaesang Pangarep ternyata dulunya punya sifat pendiam
Sebagai contoh di bidang olahraga, penelusuran terkait sepak bola meroket hingga 300% dibandingkan tahun sebelumnya yang merupakan implikasi dari laga Piala Dunia 2022 Qatar, sedangkan “badminton” dan “pingpong” sama-sama tumbuh sebesar 40%.
Di industri musik, penelusuran ”YouTube music” mencapai kenaikan 90%, “music streaming platform” meningkat sebesar 70%, dan “konser musik” sebesar 50%.
Merambah ke dunia sinetron, masyarakat masih mencari “sinetron terbaru” yang naik 40%, diikuti dengan pertumbuhan “drakor terbaru” sebanyak 30%, dan “stand-up comedy” pun memperlihatkan kenaikan 50%.
Baca Juga: Heboh SMA NTT masuk jam 5 pagi, ini penjelasan Gubernur
Tidak hanya kontennya yang beragam, begitu juga platform streaming mereka.
Orang Indonesia senang mengeksplorasi berbagai saluran streaming agar mereka dapat menyaksikan konten favorit mereka, yang terlihat dari penelusuran “platform streaming” yang naik sebesar 60%.
Konten game juga terus meningkat dan semakin banyak konsumen yang mencari komunitas game online pilihan mereka yang terlihat dari penelusuran “komunitas game” sebesar 20%.
Baca Juga: Merapat ke Venna Melinda, begini jawaban Roro Fitria yang dituding pansos
Penggemar game kerap mencari kesempatan untuk bermain bersama melalui kata kunci “mabar online” yang naik 80%.