Jadi pembicara di Hari Pers Nasional 2023, Google menyoroti kerja sama dengan industri berita

photo author
- Kamis, 9 Februari 2023 | 19:19 WIB
Yos Kusuma, News Partnerships Lead, Google Indonesia berbicara di sesi pertama Konvensi Media Massa pada peringatan Hari Pers Nasional yang berlangsung 8 Februari 2023.
Yos Kusuma, News Partnerships Lead, Google Indonesia berbicara di sesi pertama Konvensi Media Massa pada peringatan Hari Pers Nasional yang berlangsung 8 Februari 2023.

JAKARTA INSIDER - Google berbicara di acara Hari Pers Nasional Indonesia di Medan, Sumatera Utara, mengenai kerja sama dengan penerbit berita untuk mendukung industri ini melalui teknologi. Kemitraan ini juga untuk mendukung bisnis berita agar bertransformasi dan berkembang secara online.

Yos Kusuma, News Partnerships Lead, Google Indonesia berbicara di sesi pertama Konvensi Media Massa pada peringatan Hari Pers Nasional yang berlangsung 8 Februari 2023

Berikut beberapa bentuk kerja sama Google dengan penerbit berita di Indonesia untuk mengembangkan dan menyesuaikan bisnis, membantu mengatasi kesalahan informasi, dan mendukung inovasi.

Baca Juga: Gita Savitri dihujat gegara pilih childfree, Paul Partohap pasangan badan beri ungkapan romantis: My Only One

Bekerja sama dengan penerbit berita di Indonesia

Dukungan terhadap organisasi berita adalah hal yang penting untuk memastikan jurnalisme berkualitas dapat terus berkembang. Kami bekerja sama dengan penerbit dari semua skala di Indonesia, menyediakan tools, teknologi, pelatihan, dan digital traffic.

Google, kata Yos, telah bermitra dengan penerbit untuk membantu mereka membangun model bisnis dan meningkatkan kemampuan analitik data, audiens dan perilaku pembaca, dan periklanan digital. Dalam beberapa tahun ini, Google telah mengadakan lima pelatihan dan dua labs bagi lebih dari 500 penerbit skala kecil dan menengah di bawah naungan Digital Growth Program.

Google juga telah meluncurkan Local News Foundry, sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan monetisasi digital bagi penerbit berita lokal.

Baca Juga: Pakar ITB ungkap empat alasan mengapa gempa maut Turki - Suriah dikhawatirkan para ahli

“Sejak 2019, kami telah melatih lebih dari 400 penerbit Indonesia, mengaktifkan inovasi digital dan meningkatkan monetisasi melalui traffic dan pendapatan mereka,” kaya Yos Kusuma.

Melalui rangkaian webinar Google for Media, Google memperkenalkan berbagai produk dan program yang tersedia untuk membantu jurnalis dan penerbit berita di Indonesia, mencakup topik seperti melaporkan dan menyajikan informasi yang akurat dan tepercaya serta kemitraan untuk situs yang sehat.

Google juga menyediakan tools dan teknologi guna membantu penerbit beriklan di situs dan aplikasi mereka, menciptakan peluang bagi bisnis berita untuk menjual ruang iklan mereka ke jutaan pengiklan di seluruh dunia.

Baca Juga: Sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) yang kini berusia satu abad

“Saat penerbit memilih untuk menggunakan layanan periklanan kami, mereka mempertahankan sebagian besar pendapatan yang dihasilkan. Dan melalui tools seperti Subscribe with Google, penerbit dapat mengakses pendapatan pembaca tambahan dengan membuat sistem langganan mereka sendiri secara gratis,” terangnya.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Sukowati Utami JI

Sumber: Google

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X