hukum-kriminal

Hati-Hati! Tabungan di bank dikuras, sistem keamanan bank dipertanyakan

Jumat, 23 Desember 2022 | 14:40 WIB
Ilustrasi. Seorang nasabah bank papan atas tabungannya dikuras oleh peretas yang masuk ke rekeningnya.

 

JAKARTA INSIDER - Seorang nasabah bank ternama, KS, domisili di Tangerang, kaget bukan kepalang. Tabungannya hasil gadai BPKB untuk modal usaha, dikuras. Padahal ia, sama sekali tidak sedang menggunakan aplikasi m-banking.

Kejadiannya pada 14 November 2022 pukul 12.51 WIB, sebagaimana dikutip JAKARTA INSIDER dari laman mediakonsumen.com pada 20/12/22.

Kejadian ini diketahui setelah ia menerima WA dari nomor yang menurut penelusurunnya adalah nomor resmi dari bank bersangkutan.

Baca Juga: Jelang bursa transfer awal Januari, Real Madrid bingung ingin daratkan pemain ini

Bunyi WA-nya: Nasabah yang terhormat, Kami mendeteksi terdapat transaksi pada aplikasi * (nama bank) mobile anda yang aktif di perangkat baru. Demi kemananan anda, * mobile anda telah kami blokir. Segera hubungi * untuk melakukan verifikasi".

Setelah menerima WA ini, KS, mencoba  membuka atau login di aplikasi m-banking. KS tidak bisa login sama sekali.

Lalu KS menghubungi customer service, dan mengadukan tidak bisa login. Ia mengatakan tidak pernah mengubah kata sandi untuk login dan tidak pernah login menggunakan perangkat baru.

Baca Juga: SEDANG BERLANGSUNG, Live streaming Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022 siaran langsung RCTI gratis

Setelah memasukkan kata sandi baru, KS diminta untuk memeriksa transaksi terakhir. Betapa kagetnya KS ketika melibat di daftar mutasi terdapat 3 transaksi yang tidak dikenalnya:

- Transfer ke OVO dengan nomor 089501711400 sejumlah 10 juta rupiah.

- Transfer ke Seabank dengan nomor rekening 901781841942 sejumlah 10 juta rupiah.

- Transfer ke Sakuku dengan nomor HP 081930827976 sebesar Rp2.000.000,dan sebesar Rp900.000 dan sebesar Rp65.000

Baca Juga: Kemenaker buka lowongan kerja PPPK 2022, ini formasi lengkap dan syaratnya

Halaman:

Tags

Terkini