Wajib tahu! Inilah 7 tips agar pinjol tak sebar data pribadi

- Selasa, 22 November 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi Pinjol. Inilah 7 cara agar pinjol tak menyebar data pribadi
Ilustrasi Pinjol. Inilah 7 cara agar pinjol tak menyebar data pribadi

JAKARTA INSIDER - Kasus penyebaran data oleh pinjaman online (pinjol) ilegal kerap terjadi.

Dalam sebuah kesempatan, Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam Tobing mengingatkan masyarakat jangan mengizinkan platform untuk mengakses data kontak di handphone.

Menurutnya data itulah yang jadi kekuatan pinjol ilegal. Dia memastikan platform yang meminta data kontak HP merupakan perusahaan tidak resmi. Karena platform resmi hanya mengakses tiga hal yakni suara, kamera, dan lokasi.

Baca Juga: Terbaru, Meta meluncurkan Fitur Polling WhatsApp. Begini cara menggunakannya

Bagi yang mengizinkan data kontak HPnya diambil, artinya bisa menjadi korban penyebaran data pribadi. Bukan hanya itu, mereka juga bisa mendapatkan teror dan intimidasi.

Berbicara tentang fintech lending atau yang dikenal sebagai pinjol, meski menguntungkan peminjam, beberapa pinjaman online ilegal menerapkan kebijakan yang terkesan tidak masuk akal dan membahayakan peminjam.

Risiko yang harus dihadapi peminjam cukup beragam, mulai dari ancaman dan teror hingga penyebaran informasi pribadi peminjam baik melalui media sosial maupun kontak HP.

Baca Juga: Diduga sesar ini yang menyebabkan gempa dahsyat di Cianjur

Bagaimana cara agar Anda bisa melakukan transaksi peminjaman uang secara aman tanpa khawatir data pribadi tersebar? Melansir berbagai sumber, berikut ini 7 cara agar pinjol tidak sebar data.

Halaman:

Editor: Sukowati Utami JI

Tags

Terkini

X