Reza Pahlevi bagikan tips sukses UMKM di era medsos, kuncinya kolaborasi dan branding

photo author
- Sabtu, 9 Desember 2023 | 20:00 WIB
Pelajari kiat sukses dari influencer Reza Pahlevi untuk pelaku UMKM dalam menembus pasar digital era modern. (Rilis)
Pelajari kiat sukses dari influencer Reza Pahlevi untuk pelaku UMKM dalam menembus pasar digital era modern. (Rilis)

JAKARTA INSIDER - Di acara Ngobrol Pintar BRILIANPRENEUR yang menjadi bagian dari UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Reza Pahlevi, seorang influencer media sosial, memberikan kiat sukses kepada pelaku UMKM untuk memajukan bisnis mereka melalui platform media sosial.

Dalam perhelatan ini, Reza menyampaikan pentingnya kolaborasi dan strategi branding dalam menembus pasar digital.

Dengan hampir 98.000 pengikut di Instagram, Reza menjelaskan kontribusinya dalam mempromosikan produk UMKM, termasuk kerjasama dengan merek-merek besar dan pemula.

Baca Juga: Hadiri UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Presiden Jokowi puji produk yang ditampilkan

Bahkan, di tengah pandemi Covid-19, dia bersama sejumlah influencer lain turut membantu promosi bagi para pelaku UMKM tanpa biaya.

"Itu tidak dikenakan biaya apapun. Istilahnya nge-repost doang. Bantuin posting di medsos kita. Saat itu tahun 2020. Ternyata feedback-nya bagus bagi pelaku UMKM banyak yang beli dan banyak yang lihat produknya," ungkapnya.

Menurut Reza, kolaborasi menjadi kunci utama bagi UMKM untuk bersinar di era digital, terutama bagi produk yang belum terekspos.

Baca Juga: Sukses berkelanjutan BRI: Sunarso dinobatkan sebagai CEO of The Year 2023

Dia menegaskan bahwa pemilik usaha harus memiliki ketertarikan besar terhadap media sosial sebelum mempromosikan produk.

Langkah pertama adalah memahami betul branding produknya.

"Pelaku UMKM harus memetakan target market, audiens, kompetitor, kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan kompetitor. Jadi pelaku UMKM yang menggunakan medsos dalam berbisnis, tahu bagaimana menempatkan diri di platform tersebut seperti apa ke depan," paparnya.

Baca Juga: HMP Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry gelar berbagai kegiatan menarik di Piasan Sigam ke-10

Selain itu, konsistensi juga menjadi kunci sukses dalam ekspos produk melalui media sosial.

Reza menyarankan minimal satu konten per hari untuk menjaga brand dan produk tetap relevan di platform tersebut.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Jaka LI

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X