JAKARTA INSIDER - Setiap pemasar ingin meyakinkan audiensnya untuk terlibat dengan merek yang ditawarkan melalui iklan.
YouTube Ads Leaderboard menampilkan daftar iklan yang paling banyak ditonton setiap tahunnya.
Di dunia dengan konten tak terbatas, jutaan orang memilih untuk menonton iklan-iklan ini, sehingga menjadikan daftar ini menjadi referensi untuk mempertimbangkan apa yang membuat iklan-iklan ini begitu sukses.
Meskipun tidak ada formula atau tips khusus untuk membuat iklan menjadi viral, kita dapat mengamati hal-hal apa saja yang memiliki potensi untuk menginspirasi strategi media kita.
Berikut adalah tiga pendekatan yang telah terbukti dan dapat dicoba, berdasarkan Ads Leaderboard terbaru.
Tempatkan kampanye Anda di YouTube watch trends
Merayakan hari jadi ke-20 "Harry Potter", HBO Max ingin menjangkau dua audiens yang berbeda, yaitu penggemar fanatik yang sangat ingin melihat kembali keajaiban serial ini dan generasi baru penonton yang lebih muda yang belum mengenal franchise film ini.
Untuk menarik minat kedua kategori audiens ini, HBO Max berkiblat pada tren yang kuat, yaitu orang-orang gemar menonton konten untuk bernostalgia.
Dengan mempertimbangkan tren tersebut, HBO merancang iklan video untuk memberikan pengalaman retrospektif yang menghangatkan hati penonton dengan kenangan "Harry Potter".
Baca Juga: Gerhana matahari hibrida terjadi 20 April 2023 di Indonesia, ini lokasi melihatnya
Selain menampilkan momen berkesan para pemeran, iklan tersebut menarik perhatian penggemar dan turut merayakan perjalanan mereka secara autentik.
HBO Max menggunakan YouTube untuk mendukung kampanyenya. Seperti yang dijelaskan oleh JP Mallo, VP pemasaran untuk HBO Max Originals, “YouTube sering kali menjadi indikator awal kami ketika merilis aset pemasaran awal tentang bagaimana pemirsa kami terlibat, sentimen apa yang kami lihat, dan — jika ada — yang mereka tanggapi dari konten.”
YouTube terbukti menjadi rumah yang ideal untuk iklan HBO Max, karena audiens dari segala usia tertarik ke platform ini untuk menikmati konten nostalgia.