Toyota dominasi pasar otomotif Indonesia, pertahankan market share di atas 33 persen

photo author
- Jumat, 15 Desember 2023 | 14:24 WIB
Toyota-Astra Motor (TAM) mengukuhkan dominasinya dengan market share di atas 33%. Tren positif penjualan kendaraan elektrifikasi memimpin. (Rilis)
Toyota-Astra Motor (TAM) mengukuhkan dominasinya dengan market share di atas 33%. Tren positif penjualan kendaraan elektrifikasi memimpin. (Rilis)

JAKARTA INSIDER - Meskipun dihadapkan dengan persaingan ketat dari sejumlah merek otomotif baru di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mempertahankan dominasinya dengan market share di atas 33% sepanjang tahun 2023.

Dalam periode Januari – November, penjualan wholesales mencapai 304.736 unit, membuktikan popularitas Toyota di pasar otomotif nasional.

Prestasi ini juga menunjukkan ketangguhan Toyota dalam menghadapi dinamika industri otomotif yang terus berkembang.

"Catatan positif ini berarti pula Toyota berhasil mempertahankan market share di atas 30% selama 5 tahun terakhir meskipun banyak APM kendaraan roda empat baru hadir di Indonesia," ungkap sumber internal TAM.

Salah satu pencapaian luar biasa Toyota adalah peningkatan signifikan pada penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) selama periode yang sama.

Baca Juga: Tanpa batas jarak tempuh, AHM perpanjang garansi rangka sepeda motor Honda hingga 5 tahun

Dengan market share mencapai 54,3%, penjualan xEV meningkat lebih dari 6 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Langkah strategis dengan meluncurkan All New Kijang Innova Zenix HEV dan All New Yaris Cross HEV menjadi kunci kesuksesan, membawa angin segar pada pasar mobil ramah lingkungan di Indonesia.

Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, mengucapkan terima kasih atas loyalitas pelanggan dan apresiasi terhadap upaya pemerintah dalam menciptakan iklim kondusif untuk kendaraan elektrifikasi.

"Dengan Multi Pathway Strategy, kami akan menghadirkan produk-produk ramah lingkungan yang lebih lengkap, membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota, dan menjalin kolaborasi dengan stakeholder untuk memberikan peace of mind," jelas Tanoto.

Dalam semangat Let’s Go Beyond, Toyota terus berinovasi dengan memperkenalkan 13 model baru sepanjang tahun 2023.

Baca Juga: Wuling rilis EV terbaru BinguoEV, 1000 SPK tercapai hanya dalam 7 hari!

Keberhasilan All New Yaris Cross HEV yang diumumkan secara resmi pada bulan Mei menjadi salah satu bukti kreativitas Toyota dalam menyajikan opsi mobil ramah lingkungan kepada konsumen.

Hingga November, penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif nasional mencapai 920.518 unit, dengan Toyota mencatatkan penjualan lebih dari 304 ribu unit dan meningkatkan market share dari 31,6% menjadi 33,1%.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Jaka LI

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X