JAKARTA INSIDER - Destinasi wisata domestik masih menjadi primadona di kalangan generasi muda untuk melakukan liburan, hal itu disampaikan Senior Public Relations Manager tiket.com Sandra Darmosumarto.
Ia mengatakan masyarakat dari generasi muda cenderung mencari tempat liburan yang dekat dari rumah sehingga hal itu juga ikut menyebabkan destinasi wisata Indonesia menjadi pilihan favorit saat ini.
"Karena pandemi orang-orang sukanya liburan yang dekat dengan rumahnya. Lebih banyak yang melakukan staycation, ada juga dulu sempat tren istilah Work From Bali itu juga masih terjadi sampai sekarang. Bali pun di saat sesudah pandemi ini masih jadi tujuan wisata favorit generasi milenial," ujar Sandra seperti dikutip Jakarta Insider dari Antara, Sabtu (15/10/22).
Selain Bali, beberapa kota yang terpantau mengalami peningkatan kunjungan untuk wisata dan berlibur diantaranya Bandung, Yogyakarta, dan Belitung.
Juga terdapat dua destinasi wisata DPSP yang menjadi paling banyak dikunjungi para wisatawan dari generasi muda seperti Mandalika dan Labuan Bajo.
"Di tempat-tempat wisata itu generasi muda ini tidak cuma berlibur, tapi memanfaatkan waktunya untuk melakukan hobinya. Misalnya bersepeda hingga bermeditasi," kata Sandra.
Baca Juga: Pertemuan KTT G20 Bali, Apakah Joe Biden setuju bakalan ' meet up ' dengan Putin?
Meningkatnya jumlah wisatawan di sejumlah destinasi wisata tak lain berkat masifnya penggunaan media sosial yang berhasil mengungkap lokasi-lokasi wisata baru, seperti di desa wisata di kawasan Mandalika saat momen MotoGP Mandalika berlangsung.
Beberapa desa wisata pun akhirnya bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi pilihan alternatif dalam memberikan pengalaman liburan yang mengesankan.
Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia Agung Pamungkas menyatakan aplikasi TikTok juga melihat bahwa masyarakat di Tanah Air khususnya generasi muda memang kerap membuat konten-konten wisata yang unik seperti pengungkapan "hidden gem".
Baca Juga: Ingin kesehatan mental lebih terjaga? Rajinlah melakukan Journaling
Dengan demikian tak heran jika akhirnya banyak destinasi-destinasi wisata baru di Indonesia yang terungkap dan akhirnya menjadi pilihan masyarakat untuk berlibur.
"Jadi kalau bicara konten wisata, selain rekomendasi kuliner khas itu kreator konten juga sering membagikan rekomendasi wisata baru yang istilahnya kita kenal sebagai 'hidden gem' begitu. Jadi dengan adanya rekomendasi itu orang-orang semakin banyak pilihan dan senang dengan wisata di Indonesia," ujarnya.
Artikel Terkait
3 Destinasi wisata sejarah di Indonesia, jadi saksi perjuangan pahlawan raih Kemerdekaan Tanah Air
Menparekraf dorong Desa Wisata Kambo Sulsel optimalkan atraksi wisata
Kembangkan Wellness Tourism, BPOM bangkitkan Desa Wisata Jamu