Kementerian BUMN Mendorong Revolusi Komunikasi Digital Lewat AI dan Peran Karyawan Sebagai Duta Perusahaan

photo author
- Selasa, 22 Juli 2025 | 22:05 WIB
Kementerian BUMN Mendorong Revolusi Komunikasi Digital Lewat AI dan Peran Karyawan Sebagai Duta Perusahaan
Kementerian BUMN Mendorong Revolusi Komunikasi Digital Lewat AI dan Peran Karyawan Sebagai Duta Perusahaan

JAKARTA INSIDER – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan Workshop Komunikasi dan Optimasi AI pada 17–18 Juli 2025 di Swiss-Belhotel, Balikpapan.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai BUMN, yang terdiri atas praktisi komunikasi perusahaan, dan pimpinan wilayah.

Workshop ini bertujuan untuk memperkuat fungsi komunikasi korporat dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelegent (AI) dalam penyebaran informasi positif yang kredibel, strategis, dan berdampak luas di era digital.

Baca Juga: Kanada, Australia dan 23 Negara Lain Desak Genosida di Gaza Segera Diakhiri

Sebagai narasumber pembuka, Juru Bicara Kementerian BUMN, Putri Violla, menyampaikan bahwa komunikasi di era keterbukaan informasi menuntut pendekatan yang adaptif dan kolaboratif, tidak hanya dari institusi, tetapi juga dari individu di dalam perusahaan.

Menurutnya, karyawan memiliki potensi besar untuk menjadi duta perusahaan dalam menyuarakan pencapaian dan kontribusi BUMN kepada publik secara lebih humanis dan relevan.

“Di tengah derasnya informasi saat ini, kekuatan komunikasi tidak hanya terletak pada strategi institusi, tetapi juga pada kekuatan individu. Karyawan adalah wajah BUMN yang paling autentik.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Jakarta Hari Ini

Dengan keterampilan komunikasi digital dan pemanfaatan teknologi seperti AI, mereka mampu menjadi penyambung pesan kebaikan yang berdampak luas di masyarakat,” ujar Putri Violla.

Workshop ini menghadirkan berbagai narasumber yang membahas strategi komunikasi dari sudut pandang praktikal dan teknologi.

Turut hadir Teuku Gandawan Xasir yang membahas pengenalan dan pemanfaatan AI dalam strategi komunikasi digital.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Agar Visa Schengen Mudah Disetujui

Materi kemudian dilanjutkan oleh Reynaldi Francois, CEO Zando Agency sekaligus Co-Founder Aico Community, yang memberikan pelatihan teknis tentang pembuatan akun dan konten media sosial berbasis AI.

I Gede Suhendra, Head of Department Corporate Communication IFG, menyoroti pentingnya keterlibatan aktif karyawan dalam membangun citra perusahaan.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Ayatul Nissa Rahmadani

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

8 Fakta China Hidup di Teknologi Masa Depan

Selasa, 23 September 2025 | 15:59 WIB

Daftar Jet Tempur Tercepat di Dunia, Rusia Paling Unggul

Minggu, 21 September 2025 | 09:44 WIB
X