JAKARTA INSIDER - Pengusaha muda Indonesia terus menunjukkan kepiawaian mereka dalam merintis bisnis yang tak hanya kreatif, tapi juga memberi dampak nyata bagi ekonomi.
Program Pengusaha Muda BRILiaN (PMB) 2023 yang diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil menyaring ribuan peserta yang penuh semangat dari berbagai penjuru Indonesia.
Dalam upaya memberikan penghargaan kepada mereka yang berprestasi, PT BRI menetapkan lima pemenang yang mampu menaklukkan juri dengan inovasi dan produk yang luar biasa.
Dalam acara penutupan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pada 10 Desember, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto menyatakan harapannya terhadap PMB 2023 ini.
Menurutnya, program ini diharapkan mampu memberikan dampak besar terhadap perkembangan UMKM serta menciptakan lebih banyak pengusaha muda inovatif yang dapat mengangkat perekonomian Indonesia.
Berikut adalah lima pemenang PMB 2023 yang berhasil mengguncang panggung dengan keunggulan produk mereka:
Baca Juga: Kolaborasi BRI dan PT Freeport: Dorong pertumbuhan ekonomi melalui perjanjian trade facility
1. Orlenalycious dari Bali (Juara 1)
Orlenalycious yang digawangi oleh Putu Metta Puspita Dewi membawa pulang gelar Juara 1 dengan produk brownies dan croissant yang menjadi idola anak muda di Denpasar Bali.
Usaha yang telah berdiri sejak 2018 ini tak hanya menonjolkan keunikannya dalam berinovasi, tapi juga memberi fokus pada kualitas bahan dengan harga yang ramah di kantong.
Putu Metta Puspita Dewi berkomentar, "PMB memberikan perubahan besar bagi bisnis saya. Saya belajar banyak tentang proses HAKI, pembuatan landing page website, dan interaksi dengan pelanggan. Tanpa PMB, mungkin saya tidak akan memahami nilai-nilai ini."
Baca Juga: Komandan TKN Fanta Konsolidasi dengan TKD Banten dan Sayap Partai, Optimis Menang Satu Putaran
2. Varesse dari Jakarta (Juara 2)
Marcella Yanita K membawa pulang gelar Juara 2 dengan Varesse, perusahaan perawatan rambut yang menawarkan solusi untuk kerontokan rambut bagi pria dan wanita usia 25-70 tahun. Produknya menargetkan segmen SES A.