JAKARTA INSIDER - Selama beberapa tahun belakangan, aplikasi TikTok menjadi media sosial yang paling populer di dunia, mengalahkan Instagram.
TikTok sendiri memang berspesialisasi di platform berbasis video pendek. Tidak heran apabila Instagram akhirnya ikut merilis fitur video pendek mirip TikTok di platformnya.
Untuk bersaing dengan TikTok, Instagram meluncurkan fitur Instagram Reels pada 2020 lalu. Meski memiliki fitur serupa TikTok, Instagram tampaknya masih kesulitan untuk mengejar popularitas TikTok.
Menurut laporan terbaru yang diterbitkan The Wall Street Journal sebagaimana dikutip Jakarta Insider, pengguna Instagram menghabiskan 17,6 juta jam sehari untuk menonton Instagram Reels.
Sedangkan pengguna TikTok dilaporkan menghabiskan waktu menonton video pendek di TikTok hingga 197,8 juta jam dalam sehari. Artinya, pengguna TikTok menonton video pendek lebih lama dari pada pengguna Instagram menonton Reels.
Data tersebut menunjukkan Instagram masih kesulitan mengejar popularitas TikTok saat ini. Selain durasi menonton yang terbilang kecil, angka keterlibatan pengguna di Reels juga dilaporkan menurun sebesar 13,6 persen selama sebulan terkahir.
Baca Juga: Presiden pesan ke Menkeu : Jaga setiap rupiah di APBN
Riset internal Instagram juga mengungkapkan hampir sepertiga video Reels dibuat di platform lain, biasanya di TikTok karena terdapat watermark.
Ini menandakan sebagian pengguna memilih TikTok sebagai platform utama ketika membuat dan mengunggah konten video pendek. Kemudian, video yang dibuat di TikTok itu di-download dan diunggah ulang di Instagram Reels.