JAKARTA INSIDER - Ada beberapa cara mengelola keuangan bisnis kecil yang perlu dilakukan untuk menghindari kekacauan.
Bagi pemilik bisnis kecil, mengelola keuangan merupakan hal paling dasar yang harus diterapkan.
Memiliki bisnis kecil memungkinkan Anda akan mapan dalam hal finansial.
Baca Juga: Dukung kelancaran transportasi KTT G20 di Bali, DAMRI operasikan 24 bus listrik, lihat rutenya
Namun tentunya ini akan percuma, jika Anda tidak mengelola keuangan bisnis kecil tersebut.
Dilansir JAKARTA INSIDER dari laman Entrepreneur pada Jumat (11/11/2022), berikut ini cara mengelola keuangan bisnis kecil anti ribet yang bisa diterapkan:
1. Pisahkan rekening bank pribadi dan bisnis
Mencampur rekening bank dengan rekening pribadi merupakan kesalahan besar dalam mengelola keuangan bisnis kecil.
Baca Juga: Persiapan G20, 22 UMKM terpilih jadi pemasok suvenir resmi
Catatan keuangan bisnis kecil Anda akan kacau dan bermasalah di audit atau pemeriksaan pembukuan.
Berbeda halnya bila rekening bank pribadi dan rekening bisnis dipisahkan, itu akan memberi pemahaman tentang keuangan dan memberikan batas antara keuangan bisnis dan pribadi.
2. Pastikan pembukuan keuangan bisnis kecil Anda tetap terkini dan akurat
Jangan pernah meremehkan pemeriksaan laporan pembukuan keuangan secara berkala setiap harinya agar akurat dan terkini.
Baca Juga: Gelombang PHK tengah dialami industri tekstil, ada dua biang keroknya
Memeriksa pembukuan merupakan salah satu cara mengelola keuangan bisnis kecil yang paling berpengaruh dalam keberlangsungan perkembangan bisnis tersebut.