JAKARTA INSIDER – Persaingan antar marketplace kini semakin gencar. Yang paling hangat adalah mulai beralihnya pelanggan Shopee ke platform TikTok Shop.
Shopee sebelumnya memang merajai, namun perlahan dan pasti, marketplace dengan warna khas orange itu tergeser oleh TikTok Shop.
Umumnya konsumen beralasan karena belanja di TikTok Shop bisa lebih mudah dan murah dibanding di Shopee atau marketplace lainnya.
Terlebih fitur live streaming TikTok shop sangat membantu konsumen untuk membeli barang-barang yang murah. Karena, selama live TikTok, biasanya pengunjung akan mendapatkan harga khusus dengan berbagai macam diskon dan bonus.
Hal ini berbeda dengan marketplace dengan warna khas orange, Shopee. Ketika pengguna masuk ke platform tersebut, tujuannya memang untuk membeli barang yang dibutuhkan.
Menariknya, dibanding di Shopee belanja di TikTok Shop ada ciri khas atau keunikan dalam menawarkan produknya.
Sama-sama menyediakan live streaming, TikTok Shop lebih mengajak penonton seperti belanja langsung di pasar.
Komunikasi antara pembeli dengan penjual selama live streaming berlangsung juga menjadi daya tarik sendiri bagi TikTok Shop.
Kak Jill, misalnya, pedagang gorden fenomenal di TikTok Shop yang selalu menyapa pembelinya dengan sebutan ‘Adik’ dan tapil unik dengan dandanan khasnya.
Pengunjung betah berinteraksi dengan Kak Jill yang selalu sigap menjawab pertanyaan para pelanggan gordennya.
Fakta tentang TikTok Shop dan Shopee