JAKARTA INSIDER - PT Astra International Tbk (Astra), salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, telah sukses menyelesaikan proses akuisisi PT Tokobagus, yang dikenal dengan merek OLX, sebagai platform iklan baris digital ternama di tanah air.
Akuisisi ini memungkinkan Astra untuk menguasai 100% saham OLX Classifieds melalui dua anak usahanya, yaitu PT Astra Digital Mobil sebanyak 99,98% dan PT Astra Digital Internasional sebanyak 0,02%.
OLX, yang telah menjadi pionir dalam dunia iklan baris digital di Indonesia, membanggakan basis pengguna yang sangat luas dan merek yang kuat, menjadikannya pilihan utama bagi konsumen di tanah air.
Baca Juga: 500 Global hadirkan dana US$143 Juta untuk dukung perkembangan perusahaan startup di Asia Tenggara
Dengan langkah strategis ini, Astra berharap dapat melengkapi ekosistem digital yang telah ada dalam kelompoknya dengan tambahan platform iklan baris digital.
Ini tidak hanya akan mendorong inovasi, tetapi juga memenuhi kebutuhan serta harapan pelanggan yang semakin tumbuh.
Menurut hasil kajian dari Google, Temasek, dan Bain & Company pada tahun 2022, Indonesia menempati posisi teratas dalam hal nilai ekonomi digital di Asia Tenggara, mencapai USD 77 miliar, dan diproyeksikan akan tumbuh hingga USD 130 miliar pada tahun 2025.
Baca Juga: Jadi sorotan dunia, ekonomi Indonesia diprediksi akan menyusul Rusia di masa depan
Tak hanya itu, 40% pangsa pasar ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara berada di Indonesia.
Direktur Astra, Gidion Hasan, menyatakan, "Mengakselerasi transformasi digital merupakan salah satu langkah yang kami ambil untuk menjadikan Astra sebagai perusahaan yang berkelanjutan. Akuisisi ini diharapkan mampu memperkuat ekosistem digital Grup Astra, memberikan solusi komprehensif bagi pelanggan, dan mendorong perkembangan industri otomotif di Indonesia."
Sementara itu, Chief Executive Officer OLX Grup, Lydia Ventura Paterson, mengungkapkan kegembiraannya atas kesepakatan ini, "Kami senang telah mencapai kesepakatan untuk menjual platform iklan baris digital OLX di Indonesia kepada Astra. Kami berhasil membangun platform iklan baris digital OLX menjadi salah satu yang terkemuka di Indonesia. Kami yakin kehadiran Astra yang kuat dan pemahaman yang mendalam tentang pasar Indonesia akan membawa pengalaman pengguna OLX ke level yang lebih tinggi."
Sebagai langkah awal, OLX yang kini menjadi bagian dari Grup Astra akan hadir dengan identitas barunya sebagai Trade-In Partner di ajang GIIAS 2023, dengan kolaborasi bersama Astra Financial.
Mereka menyuguhkan tema menarik, "Trade-in to The Future," dan menawarkan cashback hingga Rp6,6 juta dengan penilaian yang objektif berdasarkan kondisi kendaraan. Pengunjung GIIAS juga dapat mendapatkan penawaran harga dalam waktu singkat, hanya dalam 1 jam.