JAKARTA INSIDER - Perhelatan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 bukan hanya pameran biasa, tapi juga panggung bagi pengusaha muda yang berinovasi dalam tren ramah lingkungan.
Cathy Alexandra, pendiri Nicoles Natural, telah merangkul tren go green dalam bisnisnya sejak 2017.
Nicoles Natural, berasal dari Bandung, Jawa Barat, berdedikasi pada gaya hidup berkelanjutan.
Brand ini tak hanya menawarkan peralatan makan kayu, tapi juga makanan sehat, aromaterapi alami, dan produk perawatan kulit dari bahan alami.
"Spesialis kami banyak di produk sendok dari kayu. Ini ada marketnya sendiri, orang lebih sadar gaya hidup sehat dan mulai beralih ke produk natural. Kayu-kayu yang kami pakai ini juga bersertifikasi. Semua ambil dari Perhutani," ujar Cathy.
Pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Nicoles Natural menampilkan lini produk alat makan kayu dengan harga yang kompetitif, mulai dari 12 ribu untuk set sendok ukuran kecil.
Produk mereka bahkan menjadi merchandise resmi MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.
Tak hanya pasar konvensional, Cathy mengamati pergeseran pasar ke segmen yang lebih luas.
"Anak muda sekarang lebih aware dengan go green. Sekarang anak muda [di bawah 30 tahun] banyak yang belanja juga," paparnya.
Baca Juga: Inovasi dan prestasi! Inilah para pemenang program pengusaha muda BRILiaN 2023
Dukungan dari UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR diakui Cathy memberikan dorongan signifikan pada bisnisnya.
"Bukan cuma B2C, tapi B2B juga banyak. Mereka beli partai besar untuk kafe atau restoran. Ada juga yang mengajak combine dengan produk mereka," ungkapnya.