JAKARTA INSIDER - Industri fashion sering kali menjadi panggung pertarungan terkait hak cipta dan plagiarisme.
Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan insiden kontroversial yang melibatkan tuduhan penggunaan produk tanpa izin oleh sebuah brand terkenal.
Pada bulan Juni lalu, brand bernama ClassyOuterwear diduga menggunakan desain dari brand OH.IRV tanpa izin dalam acara TikTok Live mereka.
Baca Juga: WTC Mangga Dua: Dari pusat perbelanjaan ramai hingga jadi lapangan bulu tangkis karena sepi
Mereka bahkan mengklaim bahwa desain tersebut adalah karya mereka sendiri yang akan segera diluncurkan.
Irva Lestari, pemilik dari brand OH.IRV, dengan tegas menyampaikan kekecewaan dan kejanggalannya terhadap kejadian tersebut melalui cuitan di akun Twitter pribadinya.
Dia mengungkapkan bahwa desain produknya dipakai oleh brand lain tanpa seizinnya, seolah-olah produk tersebut adalah milik brand ClassyOuterwear.
Menurutnya, tindakan tersebut merupakan pelanggaran terhadap hak cipta dan karya intelektual yang telah ia ciptakan dengan susah payah.
Irva juga mencoba menghubungi pemilik dari ClassyOuterwear untuk menyelesaikan masalah ini secara baik-baik, namun usahanya diabaikan.
Mereka menolak untuk bertemu dan menolak mengakui kesalahan mereka.
Sikap defensif dari pihak ClassyOuterwear semakin memperumit situasi dan menunjukkan ketidakpedulian terhadap masalah hak cipta yang serius.
Publik, setelah mengetahui fakta tersebut, mulai menyuarakan dukungan mereka kepada Irva Lestari dan brand OH.IRV.