JAKARTA INSIDER – Mengelola keuangan merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Entah kamu pebisnis ataupun karyawan, mengelola keuangan merupakan hal yang harus kamu lakukan. Simak 3 tips mengelola uang yang akan dirangkum oleh Jakarta Insider.
Apakah kamu pernah bertanya-tanya kemana uangmu? Atau kenapa uang gajimu habis tidak jelas? Atau kamu merasa baru gajian kemudian uangmu habis entah kemana? Jika kamu pernah mengalaminya, maka kamu harus membaca artikel ini sampai selesai.
Uang gaji atau income dari usahamu yang habis entah kemana itu bisa jadi dikarenakan kamu tidak membuat management keuangan pribadimu.
Baca Juga: Daftar harga menu Karen’s Dinner, apakah harga sejudes pelayanannya?
Hal-hal receh seperti membayar parkir, ngopi dan lain-lain mungkin jika dilakukan dalam satu hari tidak akan begitu berpengaruh terhadap keuangan kamu, namun apa jadinya jika hal-hal receh itu dilakukan setiap hari dalam satu bulan?
Jelas angkanya akan besar jika dikalikan kelipatan satu bulan. Hal tersebut yang membuat kamu merasa uang gajimu habis entah kemana atau mungkin kamu merasa ‘kerampokan’ karena gaji yang harusnya cukup satu bulan malah habis sebelum sampai ke gajian berikutnya.
Dilansir oleh Jakarta Insider dari kanal youtube Satu Persen, berikut 3 tips mengelola keuangan:
- Budgeting
Budgeting merupakan proses untuk mengatur dan mencatat anggaran secara berkala, jika kita memiliki jadwal gajian sebulan satu kali, maka buatlah budgeting dalam jangka waktu satu bulan.
Pertama kamu harus membuat anggaran biaya hidup kamu dalam sebulan, setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda, maka kamu bisa membuat rencana anggaran sesuai kebutuhanmu. Contoh:
- Biaya transportasi, bensin dan parkir
- Biaya makan dan minum dalam 1 bulan
- Biaya sewa rumah/kontrakan/kost
- Entertainment (bioskop, nongkrong dll)
- Rokok