JAKARTA INSIDER - Kehadiran fitur live streaming TikTok Shop menjadi fenomena tersendiri dalam persaingan marketplace alias online shop di Indonesia.
Data terbaru menyebutkan, pengguna TikTok di Indonesia mencapai 135 juta orang dalam kuartal satu tahun 2023 atau tertinggi di Asia Tenggara menurut Firma Riset Insider Intelligence.
Jumlah ini tentu saat akan membuat jangkauan audiens TikTok Shop saat live streaming menjadi lebih luas dan potensi mendapatkan customer jauh lebih besar.
Dalam rilis perusahaan e-logistik Ninja Van pada (11/2022) lalu, live streaming TikTok Shop menempati urutan pertama dalam survei dengan angka 27,5 persen mengalahkan Shopee yang berada di urutan kedua.
Menariknya, survei tersebut dilakukan terhadap 316 pedagang market place dimana satu dari tiga responden menggunakan fitur live streaming seperti TikTok Shop sebagai platform tempat mereka jualan online.
Responden yang terlibat dalam survei tercatat aktif berjualan beberapa komoditas seperti produk perawatan kulit, perlengkapan kecantikan, baju, aneka makanan dan minuman, hingga perlengkapan rumah.
Merujuk data tersebut, ternyata live streaming TikTok Shop lebih diminati sebagai tempat transaksi jual beli online ketimbang para pesaingnya. Shopee misalnya.
Di sisi lain, TikTok Shop yang merupakan platform berbentuk media sosial dari TikTok membuat customer secara psikologis lebih nyaman untuk menikmati konten di dalamnya termasuk saat live streaming jual beli online.
Sehingga hanya melalui satu platform TikTok saja, customer bisa berselancar menikmati konten-konten yang menghibur sekaligus mencari kebutuhan belanja produk melalui live streaming shop.
Baca Juga: Meski telah bubar, ini alasan Rendy Kjaernett tak mau hapus tato wajah Syahnaz Sadiqa di punggungya
Hal ini berbeda dengan platform lain, Shopee misalnya. Dimana hanya berisi konten berupa produk jual beli saja.
Di platform TikTok Shop memang diharuskan memiliki minimal 1.000 pengikut sebagai syarat untuk bisa melakukan live streaming. Ini sesungguhnya bukan memberatkan, tapi justru menjadi verifikasi penting sekaligus meningkatkan tingkat kepercayaan calon customer terhadap akun si penjual.